www.man3malang.com

10 Kegagalan Teknologi Terkini

Banyak teknologi baru yang diluncurkan sejak satu dekade lalu mengalami kegagalan. Dan itulah konsekuensi yang harus dihadapi oleh perusahaan-perusahaan besar. Kegagalan yang dimaksudkan di sini adalah bisa dalam arti tidak mampu merebut minat masyarakat alias tidak laku dan bisa juga meski teknologi tersebut laku dan disukai di pasaran tetapi biaya yang dibutuhkan untuk membuat dan menjalankannya tidak sebanding dengan pemasukan yang dihasilkan alias tidak menguntungkan.

 

Time Magazine telah merilis daftar 10 kegagalan teknologi terbesar yang terjadi selama satu dekade terakhir, dan berikut ini daftar-daftarnya:
 
10. Microsoft Vista
 
 
Dianggap gagal karena produk buatan Microsoft yang pada awal diluncurkannya (30 Januari 2007) akan digadang-gadang menjadi sistem operasi yang mampu menggeser Windows XP tapi sampai dengan hari ini Windows XP masih menjadi sistem operasi Windows yang paling banyak digunakan di dunia.
 
9. Gateway
Dianggap gagal karena perusahaan komputer yang berdiri pada tahun 1985 ini walaupun sempat menjadi pembuat komputer terbesar ketiga di Amerika Serikat pada tahun 2004 namun tidak mampu bertahan yang akhirnya dibeli oleh pemain baru, yaitu Acer dengan harga 710 juta dollar US.
 
 
 

8. HD DVD
 
 
Dianggap gagal karena 'kalah' bersaing dengan format High Definition DVD lainnya yaitu Blue Ray buatan Sony. Persaingan antar kedua format High Definition DVD ini berakhir dengan penggunaan Blue Ray untuk studio-studio film besar yang ada di Amerika Serikat.
 
7. Vonage
Dianggap gagal karena meskipun Vonage adalah 'bapak moyang' dari teknologi voice-over-IP (voIP) tapi sekarang ini kita sulit untuk dapat menemukan produk keluaran mereka lagi di pasaran. Kalah bersaing dengan produk seperti buatan Skype dan perusahaan lainnya.
 
6. YouTube
Dianggap gagal karena biaya operasional yang dibutuhkan untuk menjalankan situs berbagi video terbesar di dunia ini tidak sebanding dengan pemasukan yang diperoleh oleh Google.
 
5. Sirius XM
Dianggap gagal karena perusahaan penyedia radio satelit ini sahamnya pada awal tahun 2009 ambruk dengan hanya dijual 0,5 dollar US per lembar, sedangkan pada awal berdirinya dijual 63 dollar US per lembar. Diperkirakan dengan kehadiran perangkat seperti iPod buatan Apple dan ponsel multimedia membuat para pengguna meninggalkan Sirius XM.
 
4. Microsoft Zune
Maksud hati Microsoft mengeluarkan produk ini dengan tujuan untuk menyaingi iPod yang sudah beredar di pasaran sejak tahun 2001 dan mendominasi multimedia player, tapi apa daya Microsoft Zune sama sekali tidak mampu menyaingi dominasi iPod.
 
3. Palm
Dianggap gagal karena meskipun dikenal sebagai salah satu pembuat smartphone paling awal tapi perkembangannya tidaklah terlalu bagus. Produk-produk dari saingan Palm seperti BlackBerry dari RIM lebih disukai para pengguna dibanding produk dari Palm.
 
2. Iridium
Iridium, perusahaan telepon satelit dunia yang didukung oleh Motorola (MOT), dinyatakan bangkrut pada tahun 1999, setelah perusahaan tersebut menghabiskan 5 milyar dollar US untuk membangun dan meluncurkan infrastruktur satelitnya yang bertujuan untuk menyediakan layanan telepon wireless secara luas. Dengan jumlah pelanggan yang sedikit karena harganya yang mahal membuat Iridium tidak bisa bertahan lama.
 
1. Segway
Kendaraan transportasi personal dengan bentuk yang dapat dilihat di gambar di bawah ini awalnya dianggap sebagai kendaraan yang akan laris manis di pasaran. Tapi sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2001 sampai dengan tahun 2007, perusahaan pembuatnya hanya mampu menjual sebanyak 30,000 unit saja.
 
 
Rate this item
(5 votes)
back to top

GAUL ISLAM

TAHUKAH ANDA

IPTEK & KOMPUTER

UMUM

KESEHATAN

UNIK

AKADEMIK

  • Kalender Akademi
  • Prestasi
  • MAKBI
  • Akselerasi
  • Olimpiade

KOMUNITAS